Sabtu, 26 Januari 2013

Fakta Nyanyian Kuntilanak

 
 
Mungkin udh banyak org yang denger ttg nyanyian Kuntilanak ini *baru mungkin yee*, dan cerita mistis di balik lagu pemanggil kuntilanak ini sendiri. Ada bnyak juga cerita" serem yang ngikutin tentang lagu kuntilanak ini.

Gue juga baru abis baca" sih, amd akhirnya menemukan harta karun *bukann*, menemukan ttg fakta lagu Kuntilanak ini. Judul dari lagu kuntilanak ini sendiri adalah "kidung lingsir wengi" yang lirik'a adalah bgini :

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno… Ojo tangi nggonmu guling… Awas jo ngetoro… Aku lagi bang wingo wingo… Jin setan kang tak utusi…Dadyo sebarang…Wojo lelayu sebet… 

dan artinya adalah bgini : Menjelang malam, dirimu akan lenyap…Jangan bangun dari tempat tidurmu… Awas jangan menampakkan diri… Aku sedang dalam kemarahan besar… Jin dan setan yang kuperintah…Menjadi perantara… Untuk mencabut nyawamu…

Sebenernya nyanyian yg kata'a lagu "pemanggil kuntilanak" ini adalah plesetan dari dari Aslinya yang diciptakan Sunan Kalijaga. "sangat sangat disayangkan… kalo ada yang menganggep kidung rumekso ing wengi adalah lagu/kidungnya mbakyu kunti… padahal kanjeng sunan kalijogo menciptakan/membuat kidung itu untuk ‘unen2′ yang dalam masyarakat jawa/kejawen sebagai pengganti dzikir/wirid oleh muslim jawa pada waktu dulu sehabis melakukan sholat malam…. kalo lebih dicermati kidung tersebut dikenal karena berisi mantra tolak balak, Laku kidung ini mengingatkan manusia agar mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga terhindar dari kutukan dan malapetaka yang lebih dahsyat.

Dengan demikian kita dituntut untuk senantiasa berbakti, beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.Sedangkan fungsi kidung secara eksplisit tersurat dalam kalimat kidung itu, yang antara lain; Penolak balak di malam hari, seperti teluh, santet, duduk, ngama, maling, penggawe ala dan semua malapetaka. Pembebas semua benda . Pemyembuh penyakit, termasuk gila. Pembebas pageblug. Pemercepat jodoh bagi perawan tua. Menang dalam perang . Memperlancar cita-cita luhur dan mulia".

berikut artinya dalam bahasa indo… so…silahkan dicermati dalam bait mana yang berhubungan dengan mbakyu kunti…. 

Ada kidung rumekso ing wengi(lagu yang mengalun ditengah malam). Yang menjadikan kuat selamat terbebas dari semua penyakit. Terbebas dari segala petaka. Jin dan setanpun tidak mau. Segala jenis sihir tidak berani. Apalagi perbuatan jahat. guna-guna tersingkir. Api menjadi air. Pencuripun menjauh dariku. Segala bahaya akan lenyap. Semua penyakit pulang ketempat asalnya. Semua hama menyingkir dengan pandangan kasih.

Semua senjata tidak mengena. Bagaikan kapuk jatuh dibesi. Segenap racun menjadi tawar. Binatang buas menjadi jinak. Pohon ajaib, tanah angker, lubang landak, gua orang, tanah miring dan sarang merak. Kandangnya semua badak. Meski batu dan laut mengering. Pada akhirnya semua slamat. Sebab badannya selamat dikelilingi oleh bidadari, yang dijaga oleh malaikat, dan semua rasul dalam lindungan Tuhan. Hatiku Adam dan otakku nabi Sis. Ucapanku adalah nabi Musa.Nafasku nabi Isa yang teramat mulia. Nabi Yakup pendenganranku. Nabi Daud menjadi suaraku. Nabi Ibrahim sebagai nyawaku. Nabi sulaiman menjadi kesaktianku.

Nabi Yusuf menjadi rupaku. Nabi Idris menjadi rupaku. Ali sebagai kulitku. Abubakar darahku dan Umar dagingku. Sedangkan Usman sebagai tulangku.Sumsumku adalah Fatimah yang amat mulia. Siti fatimah sebagai kekuatan badanku. Nanti nabi Ayub ada didalam ususku. Nabi Nuh didalam jantungku.

Nabi Yunus didalam otakku. Mataku ialah Nabi Muhamad. Air mukaku rasul dalam lindungan Adam dan Hawa. Maka lengkaplah semua rasul, yang menjadi satu badan. 

maaf tanpa maksud sok tahu atau takabur…tapi jujur saya nggak rela kalo karya seni salah satu wali jawa yang saya kiblati…disalah artikan….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar